Menu

Press Release

CEO Business Forum

05 September 2013

Jababeka Innovation Center (JIC) bekerjasama dengan PQM Consultans, IRIS dan QAD menyelenggarakan CEO Business Forum yang mengangkat tema “Overcoming Increasing Costs and Challenges Manufacturing Companies”. Acara tersebut digelar di President Executive Club (PEC) Cikarang pada Kamis (5/9), dan dihadiri oleh para delegasi dari beberapa perusahaan yang bernaung di Kawasan Industri Jababeka. Acara dibuka oleh sambutan Direktur JIC Utama H. Padmadinata, ia mengatakan JIC mempunyai peran sebagai intermediasi dalam industri, karena industri harus bisa bersaing dan up to date. Forum ini juga dihadiri oleh tiga narasumber yaitu Sonny Irawan dan Eddi Susanto (PQM Consultans), serta Darwin (IRIS).

Presentasi pertama dimulai oleh Sonny Irawan yang menjelaskan tentang Pelatihan LEAN di perusahaan. Sonny memaparkan, “LEAN adalah praktik produksi yang mempertimbangkan segala pengeluaran sumber daya yang ada untuk mendapatkan nilai ekonomis terhadap pelanggan tanpa adanya pemborosan, dan pemborosan inilah yang menjadi target untuk dikurangi. Tetapi LEAN juga tetap menjaga kualitas produk agar tetap dipercaya oleh pelanggan.

Pada dasarnya, LEAN berpusat untuk mendapatkan nilai dengan sedikit mungkin pekerjaan.LEAN manufaktur merupakan filosofi yang dikembangkan oleh Toyota dalam Toyota Production System (TPS). TPS dikenal karna fokusnya mengurangi tujuh pemborosan untuk meningkatkan nilai pelanggan secara keseluruhan, namun ada beberapa perspektif tentang cara pencapaiannya.

Sedangkan Darwin mengatakan dalam presentasi yang berjudul “An Integrated computer system to support the Business Processes” memaparkan kita harus memiliki sebuah sistem komputerisasi yang terintegrasi untuk mensuport data yang meliputi hasil dan proses produksi”.